Casiopea - Japanese Fusion Band

Posted: Minggu, 18 Januari 2009 by Tri Adhitya Ramdhani Sarif in Label:
0


Casiopea adalah group musik dari Jepang yang berwarna fusion jazz dibentuk tahun 1976 dengan formasi gitaris Issei Noro, pemain bass Tetsuo Sakurai, yang kemudian pada tahun 1977 pemain keyboard Minoru Muaiya dan penabuh drum Takashi Sasaki bergabung dengan group. Pada tahun 1979 meluncurkan album pertamanya yang berjudul "Casiopea" dengan musisi tamu Randy Brecker dan Michael Breker. Berkembangnya waktu kemudian penabuh drum Takashi diganti dengan Akira Jimbo.



Permainan kelompok musik ini banyak mengilhami pemain-pemain muda, karena penampilannya yang energik dengan warna musik jazz yang khas Asia, sehingga album-albumnya banyak dikenal luas khususnya oleh penggemar musik muda.

Album Eyes of the Mind di luncurkan pada tahun 1981 di Amerika Serikat, selanjutnya Mint Jams diluncurkan pada tahun 1982, disambung dengan album Four by Four pada tahun yang sama dimana kelompok ini berkolaborasi dengan beberapa musisi dari kelompok Fourplay, diantaranya Lee Ritenour, Havey Mason, Nathan East dan Don Grusin.

Kelompok ini kemudian dikenal luas seantero dunia, dan pertunjukan pertamanya di luar negeri adalah di Inggris pada tahun 1983, kemudian melanjutkan tour ke Eropa, Amerika Selatan, Australia dan Asia Tenggara.


Pada tahun 1989, Akira Jimbo dan Tetsuo Sakurai yang kemudian membentuk kelompok sendiri yaitu Jimsaku, untuk ini maka Casiopea menggantikannya dengan Yoshihiro Naruse (bass) dan Masaaki Hiyama (drums), yang selanjutnya pada tahun 1993 Masaaki juga diganti dengan Noriaki Kumagai. Namun pada tahun 1997, Akira kembali bergabung dengan Casiopea dan pada era ini Casiopea meluncurkan beberapa album lagi. Pada tahun 2006 Issei Noro, sebagai pimpinan kelompok musik ini membekukan semua kegiatan Casiopea.


Memang kelompok ini sangat fenomenal, setelah menghilangnya Casipea dari panggung-panggung musik jazz, para pecinta musik masih mengingat bahwa mereka memang pemusik Jepang yang perlu diacungi jempol, sebab belum ada kelompok dari negara Matahari Terbit yang mampu menggebrak dunia seperti apa yang mereka lakukan.


(Sumber : www.casiopea.co.jp dan wikipedia)

0 komentar: