Konfigurasi Dua Jaringan Komputer Berbeda Menggunakan Router (Pada Windows XP)

Posted: Selasa, 27 April 2010 by Tri Adhitya Ramdhani Sarif in Label:
0

Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana 2 komputer yang berbeda jaringan dapat integrasikan dengan server yang sama dengan menggunakan router. Tapi sebelum itu anda harus setting Enable TCP/IP pada Registry Editor agar router bisa berjalan dengan fungsinya. Cara untuk mengaktifkan TCP/IP untuk Router pada Windows XP ada di pembahasan sebelumnya.
Disini terdapat 3 komputer, yaitu 2 sebagai Client dan 1 komputer untuk menjadi server. Pada komputer server terdapat 2 Network Cards yang terhubung pada Router sehingga mempunyai 2 IP Address, yang pertama adalah 192.168.7.1 dan yang kedua yaitu 192.168.8.1. Pada komputer client yang pertama IP Address-nya adalah 192.168.7.5. Sedangkan IP Address pada komputer client yang kedua yaitu 192.168.8.3.

Langkah-langkah untuk mengkonfigurasi jaringan menggunakan satu komputer sebagai server dan dua komputer lainnya sebagai client yaitu sebagai berikut :
1. Konfigurasi jaringan komputer dengan cara masuk ke Control Panel dan Pilih Network Connections :



2. Setelah itu pilih Local Area Connection 4 seperti pada gambar di bawah, lalu klik kanan dan pilih Properties :



3. Pada Tab General pilih Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik Properties :


4. Selanjutnya konfigurasi terlebih dahulu IP Address pada komputer yang digunakan sebagai Server. Karena pada komputer server ini terdapat dua IP Address maka konfigurasi satu-persatu. IP Address yang pertama 192.168.7.1 :



5. Kemudian IP Address yang kedua adalah 192.168.8.1 :

6. Konfigurasi IP Address pada komputer Client 1, pada Default Gateway isikan IP Address yang pertama pada komputer server.
7. Konfigurasi IP Address pada komputer Client 2, pada Default Gateway isikan IP Address yang kedua pada komputer server.
8. Setelah IP Address Server dan Client selesai di konfigurasi, selanjutnya coba cek connect atau tidaknya dengan ping masing-masing IP Address tersebut seperti contoh pada gambar di bawah ini :

a. Ping pada komputer Server







b. Ping pada komputer Client 1




c. Ping dari Client 1 Ke Server


d. Ping pada komputer Client 2



e. Ping dari Client 2 ke Server

9. Ping dari Client 1 ke Client 2, Router berfungsi dengan baik karena bisa menghubungkan komputer Client1 dengan Client2 yang berada dalam jaringan yang berbeda.



Lumayan sedikit rumit, tapi anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah - langkahnya di atas. Selamat Mencoba.

0 komentar: